15.000 Sekolah di Indonesia Pastikan Bakal Terapkan Pendidikan Berkarakter





Pendidikan merupakan hal yang sangat penting didunia terkecuali di Indonesia. Tak hanya pendidikan untuk memperoleh ilmu tetapi juga pendidikan juga berfungsi sebagai pembentuk karakter sebuah bangsa. Tak heran jika Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kebudayaan telah menargetkan bahwa 15.000 sekolah di Indonesia akan menerapkan pendidikan berkarakter. 

Pemberlakukan pendidikan berkarakter ini merupakan salah satu bentuk kelanjutan dari wacana pemerintah yang akan melakukan "Full-day school" beberapa waktu yang lalu untuk memperpanjang masa belajar siswa. Sebagai pengganti rencana yang sempat gagal tersebut siswa kini akan mendapatkan pembelajaran karakter sebagai pelajaran tambahan. Tidak semua tingkat sekolah yang akan memberlakukan pendidikan berkarakter. Hanya sekolah pada tingkat dasar (SD) dan menengah pertama (SMP). 

Muhadjir Effendy yang merupakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menerangkan bahwa sekolah sekolah yang akan memberlakukan pendidikan berkarakter tersebut menggunakan kurikulum dimana aspek pendidikan karakter lebih banyak dibandingkan dengan sekolah biasa. Diketahui yang menjadi prioritas untuk mendapat pendidikan berkarakteradalah sekolah yang memiliki status negeri. 

"Saat ini sudah ada sekitar 5.000 sekolah model (berbasis karakter), dan tahun ini target 15.000 sekolah," kata Muhadjir usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan Ponpes Baabul Jannah di komplek SMK Muhammadiyah 1 Salam, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Pada kenyataanya pendidikan berkarakter ini memang sudah diterapkan pada kurikulum 2013. Pendidikan ini merupakan salah satu ciri khas dari kurikulum 2013. Pada kurikulum ini Guru diwajibkan untuk berada di sekolah selama 8 jam sedangkan murid akan berada dilingkungan sekolah hingga pukul 16.00 WIB. 

"Jadi nanti K13 itu akan diberikan tambahan, diberi bobot yang lebih tinggi yaitu 70 persen dalam aspek pendidikan karakter," ujar Muhadjir.

Untuk memenuhi target yang telah dipasang, pemerintah pusat akan memilih sekolah sekolah yang menjadi pilot dari projek ini. Namun meski demikian ada juga beberapa Kabupaten/Kota yang mengajukan diri secara suka rela. Daerah tersebut meliputi Kabupaten Bandung, Purwakarta, Kota Malang, Pasuruan, Banyuwangi, Bantaeng (Sulawesi Selatan) dan Siak (Riau).

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "15.000 Sekolah di Indonesia Pastikan Bakal Terapkan Pendidikan Berkarakter "

Posting Komentar