Awal Mula Sejarah Mataram Kuno di Indonesia Terlengkap

Ada pepatah mengatakan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Ada bermacam cara untuk menghargai jasa para pahlawan, salah satunya yaitu dengan mempelajari dan mengambil hikmah dari sebuah sejarah mataram kuno.

Kerajaan Mataran Kuno disebut juga dengan Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Hindu. Kerajaan ini diperkirakan telah berdiri pada sejak abad ke-7 di daerah Mataram (dekat Yogya). Kerajaan dengan corak agraris ini dipimpin oleh raja bernama Sanjaya. Hal ini diketahui dari Prasasti Mantyasih. Pada tahun 732, Sanjaya menulis pada Prasasti Canggal menggunakan bahasa Sansekerta dan huruf palawa. Dalam prasasti tersebut, Sanjaya menceritakan sejarah pendirian lambang Syiwa (Lingga) di Desa Kunjarakunja. Selain itu, Sanjaya juga menyebutkan bahwa dahulu terdapat raja sebelum ia memerintah di Pulau Jawa. Raja yang dimaksudnya bernama Senna atau lebih dikenal dengan Bratasena, seorang raja dari Kerajaan Galuh.
Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Singkat & Lengkap
Kekuasaa Senna pada masa itu berhasil digulingkan oleh Purbasora dan akhirnya ia melarikan diri untuk memperoleh perlindungan kepada Tarusbawa ke (Raja Sunda). Tarusbawa mengambil Sanjaya yang merupakan ponakan Sanna sebagai menantunya. Setelah Sanjaya naik tahta, ia berhasil menguasai Kerajaan Kalingga, Kerajaan Sunda, dan Kerajaan Galuh. Kemudian ia memutuskan untuk membuat kerajaan baru yang diberi nama Kerajaan Mataram Kuno yang kita kenang sampai hari ini.

Demikianlah awal mula sejarah mataram kuno atau kerajaan Medang di Indonesia. Semoga dapat diambil hikmahnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Awal Mula Sejarah Mataram Kuno di Indonesia Terlengkap"

Posting Komentar