Fakta Menarik Tentang Sejarah Asal Muasal Kerajaan Majapahit


Indonesia tak akan pernah melupakan pelajaran berharga yang pernah terjadi di masa masa tahun silam, salah satunya kenangan yang dimiliki indonesia ialah berdirinya kerjaan majapahit. Anak Indonesia juga harus mengetahui bagaiaman asal muasal beridirinya kerajaan majapahit. 

Awalnya Singhasari mengusir Sriwijaya dari tanah Jawa secara keseluruhan tahun 1290, kerajaan Singhasari sendiri diketahui merupakan kerajaan yang sangat kuat di wilayah tersebut. Hal ini menjadi perhatian Kubilai Khan, Raja dari Dinasti Yuan di Tiongkok. Ia mengirim utusannya yang bernama Meng Chi ke kerajaan Singhasari dan menuntut upeti. Kertanagara, penguasa dari kerajaan Singhasari yang terakhir menolak membayar upeti dan mempermalukan utusan itu dengan merusak wajahnya dan memotong telinganya. Kublai Khan tentu saja marah kemudia ia memberangkatkan ekspedisi besar ke Jawa tahun 1293.

Sementara itu, adipati kediri yang bernama Jayakatwang ini sudah membunuh Kertanagara. Atas saran dari Aria Wiraraja, Jayakatwang memberikan pengampunan terhadap Raden Wijaya, menantu Kertanegara yang datang dengan menyerahkan diri. Raden Wijaya kemudian diberi hutan Tarik. Ia membuka hutan itu guna untuk membangun desa baru. Hingga pada akhirnya muncullah sebauh desa yang diberi nama Majapahit, nama itu diambil dari buah maja, dan juga rasa "pahit" dari buah itu. pada saat pasukan Mongol tiba, Raden Wijaya bersekutu dengan pasukan Mongol untuk bertempur melawan Jayakatwang.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fakta Menarik Tentang Sejarah Asal Muasal Kerajaan Majapahit "

Posting Komentar