Kaidah - Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Image result for berita

Seperti apa yang sudah kita bahas sebelumnya menganai apa itu teks berita, teks berita adalah sebuah informasi yang kita dapat setiap hari yang mana ini adalah makanan sehari hari bagi kita. Teks berita sendiri juga bukan merupakan hal yang saing bagi kita, bahkan setiap hari kita selalu berhadapan dengan yang namanya teks berita, Nah oleh sebab itu, teks berita juga memiliki kaidah kebahasaan teks berita. 

Berikut kami hadirkan Kaidah Kebahasaan Teks Berita di bawah ini : 

Kaidah kebahasaan merupakan kaidah atau ketentuan bagaimana suatu teks dibangun. Dengan adanya kaidah kebahasaan inilah kita dapat membedakan apakah suatu teks itu termasuk ke dalam teks berita atau bukan. Adapun ciri atau kaidah kebahasaan teks berita adalah sebagai berikut:

  1. Adanya keterangan.Dalam sebah berita penting adanya sebuah keterangan. Adapun fungsi keterangan dalam teks berita ini yakni bertujuan untuk menjelaskan lebih lanjut kalimat-kalimat dalam teks berita. Keterangan ini diperlukan agar pembaca berita dapat memahami berita dengan benar.
  2. Verba TransitifVerba transitif adalah verba yang memerlukan dua nomina, satu sebagai subjek, dan satu lagi sebagai objek dalam suatu kalimat aktif. Objek dapat berfungsi sebagai subjek dalam kalimat pasif.
    Contoh verba transitif yaitu memulai, menuduh,menabrak.
  3. Verba pewartaVerba pewarta adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan suatu percakapan. Verba pewarta ini menjadi salah satu ciri kebahasaaan yang ada dalam teks berita.
    Adapun bisa di contohkan verba pewarta yakni seperti halnya mengatakan, memaparkan, memberitakan, dan lain – lain. Seperti contoh :

    Banyak sekali media yang memberitakan peristiwa terjadinya kecelakaan di Mina, Arab Saudi ketika sedang pelaksanaan ibadah haji.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kaidah - Kaidah Kebahasaan Teks Berita"

Posting Komentar