Penghargaan Terhadap Penulis

Suksesnya ayat-ayat cinta karangan Habiburrahman El Shirazy dalam novel maupun filmnya setidaknya membuktikan bahwa seudah mulai bertambah baiknya penulis-penulis indonesia yang kemudian disambut antusias masyarakat terutama kaum muda yang meledak-ledak.
Novel betema cinta dan berlatar belakang timur tengah ini tidak hanya menarik antusias pembaca dan penonton tapi juga menarik penulis lainnya. Saya sempat menemui cukup banyak novel yang beraliran hampir sama dipasaran. Kesuksesan ini tentu juga didukung oleh kemajuan industri film indonesia yang kreatif dan mulai memikirkan pendidikan bangsa disamping hanya mencari materi saja. Tumbuhnya blog juga menjadi bukti bahwa semakin bergairahnya masyarakat terhadap seni tulis-menulis. Target pertumbuhan blog di indonesia tidak tanggung-tanggung sampai 1 juta blog di 2008. chk..chk..chk.. keren….

Setelah suksesnya ayat-ayat cinta, novel lain yang akan masuk ke layar lebar dan diperkirakan sukses adalah karya-karya Andrea hirata seperti laskar pelangi, sang pemimpi, dan edensor. Penjualan ketiga novelnya saja masing-masing diatas 100.000 eksemplar. berbeda dengan ayat-ayat cinta kekuatan karya-karya andrea hirata lebih berorientasi pada pengalaman hidup yang dia alami sendiri, sehingga tulisan-tulisan yang mengalir membawa jiwa dan emosi penulisnya. Di wawancara di kick andy banyak pembaca laskar pelangi yang mengaku menangis terharu saat membaca laskar pelangi.

Dipenggarapan filmnya nanti andrea hirata juga akan memastikan bahwa setiap pemain, latar, dan film keseluruhan menjadi cermin kejadian sesungguhnya. Dia ingin menunjukan jiwa yang dimiliki dari setiap tokoh yang ada dalam novelnya, membawa penonton masuk kedalamnya, sambil menyelipkan pesan-pesan moral yang ada.

Kesuksesan kedua penulis tersebut bukan hanya keseuksesan sebagian orang tetapi menurut saya juga kesuksesan penulis Indonesia secara umum karena semakin diterimanya karya tulis di negeri tercinta ini. Memang sudah sepantasnya penulis mendapatkan tempat yang baik di hati masyarakat karena bagaimanapun juga penulis adalah guru selain guru yang kita temui sehari-hari. Mari kita tingkatkan budaya baca tulis sebagai salah satu cara mencerdaskan negri ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penghargaan Terhadap Penulis"

Posting Komentar