Penggunaan Bahasa Dalam Surat

Sering kali kita masih bingung dalam penggunaan bahasa yang baik dan benar dindalam surat, bahasa dalam surat pribadi yang baik dan benar perlu kita terapkan dalam membuat surat. Seperti surat resmi dan dinas. Surat pribadi yang bersifat resmi ataupun ntuk surat permohonan izin, dan cuti.

Untuk itu sebagai mana yang telah di jelaskan bahwa penggunaan bahasa di dalam surat bergantung pada jenis pemakaian surat dan tujuan dalam surat. Jika surat tersebut resmi maka alangkah baiknya jika bahasa surat juga harus formal. 

Seperti surat pribadi dalam penggunaan bahasanya  subjektif, tergantung dengan keinginan si penulisnya dan kepada siapa surat di tujukan. Menulis surat untuk orang tua tentu akan menggunakan bahasa lebih formal dan santun, berbeda penulisan surat pada teman atau sahabat. Begitu pula dengan surat pribadi resmi salah satu contoh surat lamaran kerja. Meski pun bersifat pribadi, tetapi karena di tujukan kepada sebuah instansi atau perusahaan tentu penulisan harus menggunakan bahasa yang resmi dan formal lain halnya dengan surat resmi dan surat dinas. 

Penggunaan bahasa sering kali menjadi kebingungan bagi diri kita sendiri, tkadang rasa takut ntuk menuangkan bahasa dalam surat menjadi kendala. 

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Penggunaan Bahasa Dalam Surat"

  1. Terima kasih atas informasinya...semoga sukses
    http://grosirsponmandi.klikspo.com/

    BalasHapus